Kamis, 24 Januari 2013

Tips menghadapi musim hujan

Tips menghadapi musim hujan


Penyakit yang sering menyerang ketika musim hujan adalah pseudomonas dengan ciri mulut dan ekor berwarna putih, lendir habis, terjadi kematian pelan tapi pasti (habis bila tidak segera ditangani)
  1. Main air dengan kedalaman min. 60cm (semakin dalam semakin bagus). Jangan pernah main air baru, usahakan air sudah siap 5-7 hari sebelumnya (karena fluktuasi PH air hujan tidak akan mudah berpengaruh terhadap air yang sudah lama).
  2. Usahakan beri probiotik, apapun merknya selama kualitasnya bagus. (air yang bagus berwarna hijau cerah atau coklat seperti air teh)
  3. Bila terjadi hujan yang sangat deras sampai warna air kolam berubah, ketika hujan reda, usahakan buang air permukaan 20-50% utk membuang sisa air hujan.. jangan lupa kasih garam untuk menetralisir pengaruh air hujan (dosis 5 ons utk 2x4-5 mtr kolam).
  4. Tebari daun ketapang dan mengkudu yang sudah tua ke dalam kolam sebagai antibiotik alami.
  5. Main buka tutup kolam untuk mengurangi efek air hujan.
  6. Terakhir adalah pakan.. usahakan pakan jangan terlalu banyak (puasakan ikan bila habis turun hujan, meski nafsu makan ikan sangat tinggi)
  7. Selalu campur pakan dengan antibiotik alami seperti jahe, kunir, mengkudu..
Selamat mencoba..good luck..

Note :
Untuk mengatasi red spot dan white spot, coba ambil buah mengkudu yang matang sebanyak-banyaknya. Diparut atau diiris kecil-kecil... direndam didalam air yang diberi probiotik selama 1x24 jam. Kemudian sebarkan secara merata berikut air rendamannya. Untuk kolam ukuran 10m3, berikan air rendaman 3-5 buah mengkudu. Lakukan selama 3 hari berturut-turut. Lakukan treatment air selama 3 hari juga, ganti air 30% setiap hari. Selama proses penyembuhan, ikan dipuasakan... Bisa juga dengan menggunakan kulit luar buah mahkota dewa yang dikeringkan. Caranya sama: rendam kulit luar buah dgn air yang diprobiotikkan, langkah berikutnya sama.

Semoga bermanfaat…sumber pondok lele

Tidak ada komentar:

 
Copyright © . MITRA FISH PRINGSEWU - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger