Minggu, 13 Januari 2013

Jualan Lewat Internet



Jualan Lewat Internet
Hari gini, siapa yang gak kenal internet ? Sejak booming di era 90-an, Internet sudah menjadi media untuk melakukan networking dan akhirnya banyak dimanfaatkan untuk bisnis termasuk digunakan sebagai media untuk berjualan. Internet membantu pelaku usaha untuk melakukan promosi dan penjualan ditengah persaingan usaha yang sangat ketat.
Kondisi saat ini memaksa pelaku usaha melakukan komunikasi bisnis lewat internet. Alasannya adalah cepat dan murah dan sudah teruji tingkat efektifitasnya. Eksistensi internet jelas-jelas diperhitungkan oleh pelaku bisnis.
Sebagai pengusaha memasarkan produk atau jasa melalui internet sudah bukan hal langka dan pantas dilakukan. Melalui internet, berdasarkan sistemnya, kita bisa mengetahui data konsumen, perilaku, permintaan, masukan dan data yang lebih detil.
Saat pasar atau konsumen sedang percaya dengan transaksi melalui internet ditambah dengan bertambahnya pengguna internet di Indonesia setiap tahunnya juga internet memiliki nilai efisien dan efektif untuk promosi.
Secara karakter, internet adalah media yang punya banyak fungsi. Gak hanya tempat buat mencari informasi tapi memang buat jualan produk-produk seperti baju, souvenir, sepatu,sandal, obat-obatan dan sebagainya. Bahkan ada yang jualan makhluk halus atau jin..hiiiiy.
Ada beberapa tahapan bagaimana menjual produk di internet.
1.Punya web atau blog. Sebagus apapun produk kita tapi keinginan untuk jualan di internet tanpa web atau blog sama saja dengan minum tanpa air. Saat ini, memiliki web bagi mereka yang aktif lalu lalang di dunia maya adalah hal wajib. Untuk tujuan apapun, pencitraan diri, mencurahkan gagasan lewat tulisan, atau bahkan hanya untuk narsis-narsisan..hehehe
Kita bisa menggunakan web yang gratis atau yang bayar. Biasanya, orang atau konsumen akan lebih percaya dengan web yang berbayar.
2. Aktif promosi dengan rutin. Web udah kelar dibuat, isinya foto-foto produk yang akan kita jual, nomor yang dapat dihubungi, layanan lain dan bahkan harga produk kita. Kini saatnya untuk melakukan promosi web yang kita punya.
Kita harus aktif memperkenalkan web usaha kita dengan cara melakukan promosi di web lain dengan cara menyimpan link web kita di web yang lain, atau bekerja sama dengan web yang sama-sama punya potensi besar dikunjungi pengguna internet.
3. Manfaatkan Facebook. Punya akun Facebook kan ? kalau belum, bikin dulu sanah hehehe.. Kenapa facebook ? jejaring sosial yang didirikan Mark Zuckerberg ini adalah media yang cocok untuk dijadikan sarana menjaring relasi dan networking.
Kita bisa memposting foto atau link ke web kita. Berpromosi di Facebook punya efek domino, artinya jika teman kita adalah seribu orang dan semuanya membaca posting kita di halaman depan facebook bayangkan saja, sekali postingan sudah katakanlah lima ratus orang mengetahui apa yang kita jual. Atau kita bisa langsung mengirimkan pesan pribadi kepada teman-teman kita. Dan tunggu saja replynya..:)
4. Jangan lupakan twitter. Sama halnya dengan facebook , promosi dan jualan melalui twitter juga bisa meyakinkan follower atau pengikut kita di twitter, tapi tentunya kita harus punya akun twitter terlebih dahulu. Karena kapasitas kata-katanya hanya 160 karakter, maka kita harus efisien memilih kata. Singkat jelas dan tepat.
5. Numpang di situs belanja online gratis. Situs-situs belanja on line bisa memberikan keuntungan karena memiliki fitur-fitur yang sangat berguna.
OKeh.Web udah on line. Jutaan potensial konsumen sudah siap memesan produk kita. Berbarengan dengan dipublishnya web kita, maka kesiapan layanan dan respon terhadap keinginan pasar di web harus segera ditangani. Pelayanan jualan di web sama saja dengan jualan di counter atau toko usaha kita. Bedanya, di orang yang belanja di web memerlukan sedikit penanganan khusus.
Lagi-lagi, kepercayaan jadi hal paling penting dalam menjalankan usaha jual-beli produk atau layanan jasa. Kepercayaan perlu dijaga agar produk yang kita pasarkan tetap dibeli konsumen. Konsumen harus percaya pada kualitas produk yang kita jual, layanan yang cepat dan memuaskan konsumen. Konsumen itu raja, bo..!
Saat kepercayaan konsumen sudah terbentuk, yakinlah, repeat order akan terus dalam jangka waktu panjang. Jika kondisi terjadi, bisnis kita akan tetap survive dan menghasilkan profit yang baik. Buruan jualan di web..:)
Hari gini, siapa yang gak kenal internet ? Sejak booming di era 90-an, Internet sudah menjadi media untuk melakukan networking dan akhirnya banyak dimanfaatkan untuk bisnis termasuk digunakan sebagai media untuk berjualan. Internet membantu pelaku usaha untuk melakukan promosi dan penjualan ditengah persaingan usaha yang sangat ketat.
Kondisi saat ini memaksa pelaku usaha melakukan komunikasi bisnis lewat internet. Alasannya adalah cepat dan murah dan sudah teruji tingkat efektifitasnya. Eksistensi internet jelas-jelas diperhitungkan oleh pelaku bisnis.
Sebagai pengusaha memasarkan produk atau jasa melalui internet sudah bukan hal langka dan pantas dilakukan. Melalui internet, berdasarkan sistemnya, kita bisa mengetahui data konsumen, perilaku, permintaan, masukan dan data yang lebih detil.
Saat pasar atau konsumen sedang percaya dengan transaksi melalui internet ditambah dengan bertambahnya pengguna internet di Indonesia setiap tahunnya juga internet memiliki nilai efisien dan efektif untuk promosi.
Secara karakter, internet adalah media yang punya banyak fungsi. Gak hanya tempat buat mencari informasi tapi memang buat jualan produk-produk seperti baju, souvenir, sepatu,sandal, obat-obatan dan sebagainya. Bahkan ada yang jualan makhluk halus atau jin..hiiiiy.
Ada beberapa tahapan bagaimana menjual produk di internet.
1.Punya web atau blog. Sebagus apapun produk kita tapi keinginan untuk jualan di internet tanpa web atau blog sama saja dengan minum tanpa air. Saat ini, memiliki web bagi mereka yang aktif lalu lalang di dunia maya adalah hal wajib. Untuk tujuan apapun, pencitraan diri, mencurahkan gagasan lewat tulisan, atau bahkan hanya untuk narsis-narsisan..hehehe
Kita bisa menggunakan web yang gratis atau yang bayar. Biasanya, orang atau konsumen akan lebih percaya dengan web yang berbayar.
2. Aktif promosi dengan rutin. Web udah kelar dibuat, isinya foto-foto produk yang akan kita jual, nomor yang dapat dihubungi, layanan lain dan bahkan harga produk kita. Kini saatnya untuk melakukan promosi web yang kita punya.
Kita harus aktif memperkenalkan web usaha kita dengan cara melakukan promosi di web lain dengan cara menyimpan link web kita di web yang lain, atau bekerja sama dengan web yang sama-sama punya potensi besar dikunjungi pengguna internet.
3. Manfaatkan Facebook. Punya akun Facebook kan ? kalau belum, bikin dulu sanah hehehe.. Kenapa facebook ? jejaring sosial yang didirikan Mark Zuckerberg ini adalah media yang cocok untuk dijadikan sarana menjaring relasi dan networking.
Kita bisa memposting foto atau link ke web kita. Berpromosi di Facebook punya efek domino, artinya jika teman kita adalah seribu orang dan semuanya membaca posting kita di halaman depan facebook bayangkan saja, sekali postingan sudah katakanlah lima ratus orang mengetahui apa yang kita jual. Atau kita bisa langsung mengirimkan pesan pribadi kepada teman-teman kita. Dan tunggu saja replynya..:)
4. Jangan lupakan twitter. Sama halnya dengan facebook , promosi dan jualan melalui twitter juga bisa meyakinkan follower atau pengikut kita di twitter, tapi tentunya kita harus punya akun twitter terlebih dahulu. Karena kapasitas kata-katanya hanya 160 karakter, maka kita harus efisien memilih kata. Singkat jelas dan tepat.
5. Numpang di situs belanja online gratis. Situs-situs belanja on line bisa memberikan keuntungan karena memiliki fitur-fitur yang sangat berguna.
OKeh.Web udah on line. Jutaan potensial konsumen sudah siap memesan produk kita. Berbarengan dengan dipublishnya web kita, maka kesiapan layanan dan respon terhadap keinginan pasar di web harus segera ditangani. Pelayanan jualan di web sama saja dengan jualan di counter atau toko usaha kita. Bedanya, di orang yang belanja di web memerlukan sedikit penanganan khusus.
Lagi-lagi, kepercayaan jadi hal paling penting dalam menjalankan usaha jual-beli produk atau layanan jasa. Kepercayaan perlu dijaga agar produk yang kita pasarkan tetap dibeli konsumen. Konsumen harus percaya pada kualitas produk yang kita jual, layanan yang cepat dan memuaskan konsumen. Konsumen itu raja, bo..!
Saat kepercayaan konsumen sudah terbentuk, yakinlah, repeat order akan terus dalam jangka waktu panjang. Jika kondisi terjadi, bisnis kita akan tetap survive dan menghasilkan profit yang baik. Buruan jualan di web..:)

Tidak ada komentar:

 
Copyright © . MITRA FISH PRINGSEWU - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger