Minggu, 13 Januari 2013

Kabar Olahraga

Kabar Olahraga

Messi Menangi FIFA Ballon d'Or ke Empat

Selasa, 8 Januari 2013 09:05 WIB

Zurich, (tvOne)
Lionel Messi kembali menambahkan catatan atas capaiannya sepanjang 12 bulan terakhir dengan memecahkan rekor memenangi "FIFA Ballon d'Or" atau penghargaan pemain terbaik untuk keempat kalinya yang diserahkan dalam sebuah gala di Zurich, Senin (7/1) waktu setempat.

Pencapaiannya kali ini mencatatkan Messi sebagai pemain terbaik di generasinya seusai menumbangkan rivalnya, pemain Real Madrid Cristiano Ronaldo dan rekannya di Barcelona Andres Iniesta untuk memenangi penghargaan tersebut. Messi mendapat dukungan sebesar 41,60 persen meninggalkan perolehan 23,68 persen bagi Ronaldo dan 10,91 persen untuk Iniesta.

Messi juga menyamai catatan mantan bintang Perancis sekaligus Presiden UEFA saat ini, Michel Platini sebagai pemain yang memenangi Ballon d'Or tiga kali secara berturut-turut, sementara legenda Belanda Johan Cruyff dan Marco Van Basten juga telah memperoleh penghargaan tersebut sebanyak tiga kali meski tidak berurutan.

Sementara itu, pelatih tim nasional Spanyol, Vicente del Bosque memperoleh penghargaan sebagai pelatih terbaik tahun 2012 dengan mengalahkan kompetitornya pelatih Madrid, Jose Mourinho dan mantan pelatih Barcelona, Josep Guardiola. Kesuksesan Messi kali ini menambahkan rangkaian pencapaian bagi pemain Argentina tersebut, yang saat ini menjadi pencetak gol terbanyak sementara La Liga Spanyol dengan 25 gol.

Selain itu ia juga mematahkan rekor 40 tahun milik Gerd Muller sebagai pencetak gol terbanyak dalam setahun, dengan torehan 91 gol di semua kompetisi sepanjang tahun 2012.

Meski demikian Messi mengatakan capaiannya kali ini tidak akan berarti banyak apabila Barcelona gagal merebut gelar juara La Liga dari Real Madrid atau gagal memenangi trofi Liga Champions. "Sungguh luar biasa menerima penghargaan ini sekali lagi dan semakin mengesankan karena ini menjadi yang keempatkalinya secara beruntun. Saya ingin berbagi pencapaian ini dengan rekan-rekan saya di Barcelona, terutama Andres (Iniesta) yang saat ini hadir di sini bersama saya," ujar Messi.

"Saya bangga bisa berlatih bersama dia setiap hari. Saya juga tidak lupa dengan rekan-rekan saya di tim nasional Argentina. Terima kasih kepada kalian semua yang telah memberi suara untukku, para kapten dan para pelatih," ia melanjutkan.

"Terima kasih juga kepada keluargaku, teman-temanku dan tentu saja istri beserta putraku, yang merupakan hal terbaik yang pernah terjadi di hidupku," kata pemain berusia 25 tahun kelahiran Rosario yang menjadi seorang ayah untuk putra bernama Thiago pada bulan November 2012 silam.

Sebelumnya, ia juga mengatakan baginya memenangkan trofi untuk Barcelona mengalahkan pencapaian individual apapun. "Sungguh menyenangkan bisa mematahkan rekor apapun itu, namun yang terpenting adalah memenangi pertandingan bersama tim. Target utamaku adalah memenangkan trofi La Liga, Piala Raja dan Liga Champions, bersama tim dan itu jauh lebih penting daripada rekor pribadi," kata dia.

Pelatih Barcelona, Tito Vilanova juga sudah menyampaikan pujiannya atas keberhasilan Messi. "Kualitas terbesar Leo adalah ia bermain layaknya seorang bocah. Ia akan selalu sebaik para pemain muda dan kau tak perlu menjadi pelatih untuk menyadari itu. Sungguh menyenangkan menyaksikannya bermain bak bocah 15 tahun dan itu terus berlangsung," kata Vilanova.

Sementara itu kapten Portugal, Ronaldo, setidaknya mendapat hiburan dengan memenangkan Ballon d'Or di tahun 2008 sebelum akhirnya hegemoni Messi bermula meskipun rekan satu timnya di Barcelona Iniesta berperan besar memenangkan Piala Dunia dan dua Piala Eropa untuk negaranya sementara Messi tak bisa berbicara banyak di level tim nasional. Sampai saatnya nanti ia memenangi trofi bersama tim nasional Argentina, beberapa pengamat mengatakan Messi tak bisa dikategorikan sebagai pemain terbaik sepanjang masa, terlebih dibandingkan dengan Pele ataupun Diego Maradona. (Ant)

Tidak ada komentar:

 
Copyright © . MITRA FISH PRINGSEWU - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger